Free Steam Games
Loading...

Yahoo Buka Eagle

|

Apakah Anda ingin saat bepergian ke luar negeri atau luar kota, profil lokasi di blog, Facebook, Flickr, Friendster maupun jejaring sosial Anda yang lain diperbaharui dengan sendirinya? Ingin agar ponsel Anda dapat merekomendasikan tempat makan yang menarik di sekitar lokasi Anda? Yahoo mungkin memiliki solusi yang tepat. Walaupun masih berada dalam tahap beta, Yahoo mengumumkan bahwa Fire Eagle kini sudah boleh dipakai publik.

Fire Eagle


Seperti yang pernah kita bahas tahun lalu, Fire Eagle adalah platform untuk mensentralisasikan informasi lokasi Anda. Masukkan (secara langsung atau melalui aplikasi pihak ketiga) informasi tentang keberadaan Anda (garis lintang/bujur, nama kota atau kode pos atau lainnya) dan FireEagle akan mencatat lokasi Anda. Pengguna dengan ponsel dengan GPS (atau alat GPS lainnya) dapat mengaturnya untuk memperbaharui informasi geografis FireEagle secara berkala.

Pengguna tentu saja dapat mematikan penjejakannya kapan saja, dan menghapus semua data geografis mereka, dan Yahoo akan langsung menghapusnya dari server mereka (walaupun tidak dari server pihak ketiga yang tidak mereka kendalikan).

Untuk menggunakannya, apabila Anda memiliki ponsel dengan GPS, instal J2ME di ponsel Anda untuk secara berkala memperbaharui informasi lokasi Anda ke Fire Eagle yang kemudian akan memperbaharui lokasi di berbagai layanan yang Anda pakai (contohnya apabila Anda bepergian ke luar negeri, profil Facebook Anda akan langsung menyebutkan lokasi baru mereka, setidaknya saat Facebook mulai mendukung pelayanan ini). Contoh lainnya adalah dapat menggunakan ZoneTag di ponsel Nokia/Motorola untuk menambahkan lokasi geografis foto sebelum dikirimkan ke Flickr.

Screenshot MetosphereBeberapa aplikasi menarik yang sudah mendukung Fire Eagle:
  • Metosphere - memperbaharui lokasi Anda melalui iPod Touch atau iPhone
  • Outalot - menemukan restoran, film, bar atau tempat menarik di sekitar lokasi Anda
  • Plazes - share lokasi Anda dengan teman dan bertemu dengan teman yang kebetulan berada di daerah yang sama
  • Fire Widgets - secara otomatis memperbaharui lokasi dan memberikan ramalan cuaca setempat, melihat foto Flickr di sekitar Anda dll
  • Bright Kite - memantau di mana teman Anda dan bergabung dengan mereka
Tentunya, sama seperti semua layanan berbasis sosial, semua layanan ini hanya berguna apabila sudah banyak yang mulai menggunakannya. Dan kita mungkin perlu menunggu beberapa lama lagi sebelum situs-situs besar mulai mendukung Fire Eagle, tetapi tampaknya layanan ini memiliki potensi yang cukup besar untuk menjadi populer.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails