Free Steam Games
Loading...

Mengubah Tulisan Start Pada Window XP

|

Semuanya pasti setuju kalo saya bilang tampilan Windows XP itu lumayan cantik. Tapi menurut saya belumlah cukup cantik kalo kita gak bisa merubahnya sesuai dengan keinginan kita sendiri. Nah, disini saya akan coba berbagi pengetahuan tentang cara merubah text ‘Start’ pada tombol start Windows XP. Mungkin udah banyak tersebar software-software utility yang menawarkan tweaking pada sistem Windows XP, tapi disini saya akan menjelaskannya dengan cara manual supaya kita juga bisa paham tentang cara kerja Windows XP itu sendiri.

Pada dasarnya yang penting untuk diketahui disini adalah bahwa seluruh tampilan icon dan toolbar pada desktop Windows XP itu dirangkum dalam sebuah file yang bernama shell32.dll. Itulah sebabnya maka kita tidak akan pernah bisa untuk menemukan file dari icon-icon default Windows XP, seperti misalnya icon My Computer atau Recycle Bin ( ga usah dicari..saya udah pernah melakukannya dan gak ketemu juga :-( hikz ) …

1. Pertama kali yang harus dilakukan adalah melakukan edit pada file Explorer.exe yang secara default bisa ditemukan di direktori C:\Windows. File tersebut adalah merupakan file dengan tipe binary, jadi untuk mengubahnya kita membutuhkan sebuah tool binary editor (ResHacker) yang bisa di download disini. Baiklah kita mulai aja mengoprek Windows XP kita, pertama jangan lupa siapkan sebungkus rokok plus coffemix anget biar oprekan kita tambah sip :-) . Untuk amannya lakukan backup file Explorer.exe terlebih dahulu dengan meng-copy nya ke sebuah folder lain.

2. Buka tool ResHacker, pilih File > Open dan pilih file Explorer.exe di direktori C:\Windows. Letak dari pengaturan tombol start dari thema Windows XP style Luna adalah pada String Table 37. Sedangkan untuk thema Classic style ada pada String Table 38. Untuk mengubah text ‘start’ pada thema XP style : expand String Table 37 dan pilih String 1033. Double kik text start pada line 578 dan ubah dengan text yang diinginkan.

578, “start” ——–> 578, “Andre™”

Pada thema Classic style buka String Table 38 dan pilih String 1033 lakukan modifikasi pada line 595.

595, “Start” ——–> 595, “Andre™”

3. Klik Compile Script, kemudian klik File > Save As dan beri nama yang baru, misalnya saja Explorernew.exe. Sehingga pada direktori C:\Windows kita mempunyai 2 file explorer. Yang asli adalah Explorer.exe sedangkan yang telah kita modifikasi adalah Explorernew.exe.

4. Langkah selanjutnya adalah memodifikasi registry. Buka registry editor dan point pada HKEY_LOCAL_MACHINE\ SOFTWARE\ Microsoft\ Windows NT\ CurrentVersion\ Winlogon. Lihat pada Shell value, double klik Shell untuk mengedit string dan masukkan nama file explorer yang telah kita modifikasi tadi (Explorernew.exe) pada Value data dan klik OK.

5. Tutup registry editor, restart atau log off windows dan lihat hasilnya!

Start WinXP
Gambar Diatas Hanya Ilustrasi

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails