Free Steam Games
Loading...

5 Aplikasi Ringan untuk Pelatih dan Konsultan Web

|

Mengajar orang memakai aplikasi baru melalui internet sangatlah sulit. Belajar melalui pengalaman adalah metode yang paling efektif, tetapi juga paling lambat. Semakin hari kita semakin sering mengajar orang cara menggunakan aplikasi atau layanan web baru — terkadang secara professional. Di bawah ini kami sajikan beberapa aplikasi terbaik yang dapat Anda gunakan dalam skenario pelatihan jarak jauh, baik untuk pekerjaan ataupun sekedar membantu anggota keluarga yang kesulitan memakai komputer.

Yuuguu

yuguu

Anda dapat memandu orang lain melalui sebuah proses yang dinamakan desktop sharing (memperlihatkan desktop Anda kepada orang lain) dengan menggunakan Yuuguu. Yang satu ini dapat digunakan secara gratis, tidak perlu mengunduh apapun dan dapat digunakan untuk berbagi dalam hitungan detik.

Multi-platform IM Client

 Multi-platform IM Client

Aplikasi multi protocol instant messaging (IM) memungkinkan Anda untuk bercakap dengan siapapun, di manapun tanpa mengkhawatirkan jaringan IM yang berbeda. Cukup daftarkan diri untuk rekening AIM, MSN Messenger, Yahoo Messenger dan Google Talk, berikan klien Anda info akun untuk setiap IM dan Anda sudah siap. Pengguna Mac dapat menggunakan Adium, sementara pengguna Windows dapat mencoba Trillian , Pidgin atau Digsby dan siapapun dapat menggunakan Meebo di web.

Semua aplikasi di atas memungkinkan Anda untuk masuk ke banyak jaringan IM sekaligus tanpa perlu menggunakan Windows atau Yahoo Messenger lagi.

Jing

JING

Jing adalah cara tercepat dan termudah untuk merekam sebuah film pendek yang mendemonstrasikan bagaimana cara mengerjakan sesuatu secara online. Walau mungkin bukanlah sesuatu yang istimewa, tetapi apabila Anda hanya ingin dengan cepat membuat tutorial untuk dikirimkan ke klien, Anda pasti akan menyukainya.

Screenshot dengan Anotasi: Screensteps dan Skitch


 Screensteps dan Skitch

ScreenSteps (tidak gratis) adalah aplikasi kami digunakan untuk membuat tulisan ini dengan cepat, dan Skitch adalah aplikasi lainnya yang dapat melakukan hal serupa. Keduanya memungkinkan Anda untuk menangkap screenshot dengan lebih mudah, membubuhkan keterangan padanya dan meng-uploadnya pada web. Skitch hanya tersedia untuk Mac, tetapi ScreenSteps memiliki versi Windows.

AideRSS

 AideRSS

Anda dapat menjalankan AideRSS hampir di manapun dan mampu menyaring RSS feed untuk mengambil hanya tulisan-tulisan yang terpopuler. Sangat ideal bagi Anda yang berlangganan sindikasi banyak situs besar yang masing-masing memberikan puluhan berita setiap harinya. Dengan AideRSS, Anda dapat membaca hanya tulisan-tulisan terpopuler saja!

Apakah Anda tahu tentang alat-alat lainnya yang dapat membantu pelatihan melalui internet? Tuliskan di komentar-komentar di bawah ini. Dan saya juga masih mencari alternatif gratis untuk ScreenSteps, apabila ada yang tahu tolong tinggalkan di komentar di bawah ini :)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails