Free Steam Games
Loading...

GTA IV dirilis : game terbaik sepanjang masa!

|

Kulangkahkan kaki menuju parking lot di basement
Silau cahaya matahari pagi menerpa mataku
Mata Niko Bellic, seorang imigran ilegal asal Rusia
Yang mendambakan kehidupan damai dan kesuksesan di sini
Di The Land of Hope, Amerika Serikat
Tapi kenyataan memang tak pernah sesuai dengan harapan
Banyak sekali orang jahat di sini
Termasuk aku juga
Aku terpaksa memilih jalan ini untuk bisa bertahan hidup
Bertahan dari kerasnya kehidupan kota ini
Menenteng senapan otomatis AK-47 ku
Senapan yang sangat familier denganku saat di Rusia
Karena di sana ada “turf war” terbesar sepanjang sejarah kota ini
Di Algonquin, Liberty City

Akhirnyaaaa!!!
Seri terbaru dari game sandbox-action adventure terlaris di dunia, Grand Theft Auto, udah dirilis Rockstar Games untuk platform PS 3 dan Xbox 360 tanggal 29 April 2008 kemarin. Judulnya Grand Theft Auto IV, game full version (bukan extended) dari seri GTA sejak Grand Theft Auto : San Andreas yang sangat kontroversial (tapi sangat laris dan jadi game terbaik di tahun 2004).

Sengaja aku bedakan seperti itu karena dua game yang dirilis setelah GTA : SA adalah game pre-chronicle dari GTA III (2001) dan GTA Vice City (2002), yaitu GTA Liberty City Stories (2005) dan GTA Vice City Stories (2006). Masing-masing nyritain tentang kejadian sebelum game utama, sekitar 3 tahun sebelumnya. Dan rilisnya juga aku nggak suka, cuma di PSP dan PS2!! Padahal aku cuma punya PC buat main game. :(
P.S. : aku nggak masukin GTA I dan GTA II plus GTA London 1969 karena mereka formatnya 2D.

Game GTA IV ini sangat revolusioner di gameplay-nya, tapi yang menakjubkan adalah perubahan di grafiknya… sangat realistis!! Sangat mirip dengan dunia nyata!!

Suasana hujan deras di “Time Square”-nya Liberty City

Liberty City di sini sangat berbeda dengan Liberty City di GTA III. Udah dilakukan redesign di kota yang merupakan duplikat dari New York City itu. Sekarang, Liberty City dibuat sangat mirip dengan New York City yang asli. Jadi, tentu saja ada patung Liberty yang di game bernama “Statue of Happines“!!! :)

Gun fighting dari dalam mobil? Sekarang bisa!!!

Kita bisa denger deburan ombak, liat debu-debu berterbangan, liat efek bunga api yang realistis, dll.
AI di sini juga sangat realistis. Kamu bisa liat para pejalan kaki ngobrol pake HP sambil jalan, ada yang bersin-bersin, ngobrol ngalor-ngidul sambil nongkrong, dll. Jalanan akan sangat macet pada jam kerja, dan sangat sepi pada tengah malam, mirip dengan dunia nyata. Apabila kita melakukan aksi gun fighting, maka efek tembakannya sangat realistis… kerusakan yang ditimbulkan pada suatu obyek digambarkan secara detil.

Liberty City udah berubah banyak sejak 2001, Niko Bellic menenteng AK-47 di atas Speeder

Untuk gameplay, ada yang baru nih…
Kita nggak diharuskan menyelesaikan alur misi yang ada untuk membuka misi lain, nggak seperti seri GTA yang dulu-dulu, meskipun misi-misi lain itu dibutuhkan untuk membuka bagian lain dari Liberty City yang belum dibuka. Dalam menyelesaikan misi, selalu ada jangka waktunya. Kadang ada juga misi yang membutuhkan waktu berhari-hari. Nah… inilah kesempatan bagi kita untuk ngambil misi lain, seperti jadi driver (sopir taksi, ambulance, PMK, pizza dan delivery barang ilegal) dan misi-misi balapan liar di Liberty City. Atau bisa juga melakukan rampage : membantai orang-orang dan merampas uang mereka (ini sisi jelek GTA, bikin kamu jadi psikopat di dunia maya) :P

Bunga api dari letupan mulut shotgun Niko Bellic

Bukan GTA namanya kalo kita nggak nyolong mobil ato kendaraan lain :lol: . Di sini, kegiatan nyolong mobil akan jadi lebih sulit karena sisi realistis tadi. Kalo di GTA sebelumnya kita tinggal buka pintu dan tancap gas (dan sembunyi dulu kalo di mobil udah terpasang alarm :P )… di GTA IV kamu harus mecahin kaca, buka kunci dari dalam, melakukan wiring di kabel starter mobil, baru tancap gas (rumit bukan? tapi lebih realistis!!!)

Akan terjadi banyak ledakan dan kekacauan

Polisi juga akan sangat “ramah“, banyak sekali polisi LCPD di sini. Mereka sekarang juga lebih realistis, nggak cuma ngejar kita kalo kita berbuat kriminal (dalam game), tapi juga AI lain yang jahat. Tapi untungnya, kita dikasi radar polisi ma Rockstar North (creator game ini) biar bisa ngelolosin diri dari mereka dengan mudah.

“Keramahan” polisi makin menjadi-jadi

Fitur tambahan di gameplay juga menarik. Kita bisa surfing di internet in-game lho!!! Ada warnet juga di Liberty City, namanya TW@ Internet Café (baca : twat). Sama dengan dunia nyata, kita bisa surfing situs-situs yang ada dalam game ini. Bisa juga chatting-an ma warga Liberty City juga… terus kalo cocok bisa diajak nge-date. Wah, seru kan??!!!

Kita tak bisa “bermain” sendiri di Liberty City, relasi dibutuhkan di sini

Yang lain-lain masih sama kayak GTA : SA, seperti radio di mobil dan klub-klub malam. Ada tambahan yang asyik, kita bisa nonton TV di sini juga lho… juga bisa ngunjungi tempat-tempat kabaret dan show komedi. Soundtrack di GTA IV ini semuanya baru!!! Musisi yang fresh dan lagu-lagunya jadi hits. Misalnya Busta Rhymes, Kanye West, blink-182, dll. Juga ada fitur downloadnya!

Sistem “covering” baru bener-bener bikin gun fighting tambah asyik

Untuk tokoh dalam game, sama sekali nggak ada hubungannya sama GTA terdahulu. Semua di sini fresh from oven (kayak makanan aja :lol: ) Tapi profile para tokoh sangat dalem dan menyentuh, nggak kayak GTA terdahulu yang kebanyakan agak njiplak seseorang.

Niko Bellic, sang protagonis dalam GTA IV

Untuk kendaraan masih sama kayak GTA : SA. Tapi ada banyak tambahan vehicle. Sayangnya, kita nggak akan bisa nyetir pesawat lagi… karena Liberty City lebih kecil (cuma kota) daripada San Andreas yang merupakan negara bagian. Detil kendaraannya gimana? Ya sangat realistis!!! Mirip aslinya!!! Sekarang udah nampilin merk juga!!! Oya, subway train dan monorel balik lagi lho di GTA IV! Kayak di GTA III dulu. So, kalo pengen mobil nggak rusak ato di-hijack ma penjahat lain, kita bisa naik angkutan umum… bus, taxi, ato subway train dan monorel tadi untuk pergi ke suatu tempat. Realistis kan???!!!

Scene gun fighting dengan SWAT di deketnya patung Liberty

Hal yang paling penting di game ini adalah handphone. Hah? handphone?! Ya!!!
Dengan handphone Niko Bellic, sang tokoh utama, melakukan persiapan atas segala kegiatan yang akan dilakukannya. Menelepon klien, meneror, menjebak, motret objek, dll. Karena untuk menyelesaikan misi, kita tidak wajib membunuh target. Kalo target berjanji nggak akan menampakkan batang hidungnya lagi, misi kita udah sukses (tentunya kita harus bohong dulu sama orang yang ngasih misi itu tadi). Karena, kadang target kita menyimpan misi khusus yang bisa kita lakukan. Game ini juga menyiapkan fitur online multiplayer sampe 16 player lho!!!

Suasana sidewalk café di Liberty City

Yah…
Sekarang tinggal nunggu GTA IV dirilis Indonesia aja.

Gta IV
17+

2 comments:

earc-harun said...

Wew, GTA IV kerren bngt... btw, ana mo nanya, pas ana siap nginstall game GTA SA di pc, ana coba buka game-na, disitu kluar logo-na n' smpe gmbr bckround kluar, langsung ilang aja tu gambar-na n' balik lg k window, mhn bntuan-na...

Anonymous said...

tu paling VGA Ente beLum memenuhi syarat,or da driver hardwerd yang hilang

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails