Free Steam Games
Loading...

Picasa Tambahkan Fitur Pengenalan Wajah

|

Gemar Picasa, karena Google telah merilis versi barunya. Salah satu fitur yang ditawarkan di versi baru ini adalah teknologi "pengenalan wajah" untuk membantu Anda mengidentifikasi teman atau keluarga dalam foto tanpa Anda perlu memberi tag satu per satu setiap kali melihat mereka pada gambar.

Pengenalan Wajah

Fitur baru ini akan terlebih dahulu meminta Anda mengidentifikasi wajah yang belum Anda berikan identitas/tag. Setelah itu, Picasa akan mulai memberikan usulan-usulan tag nama untuk foto-foto baru yang Anda unggah (upload) orang-orang berdasarkan kemiripan antara wajah mereka dengan tag yang pernah Anda berikan untuk masing-masing orang.

Teknologi pengenal wajah ini hadir setelah Google mengakuisisi Neven Vision di tahun 2006. Perusahaan tersebut memang mengkhususkan dirinya dalam mencocokkan detil wajah dengan gambar pada sebuah database tersentralisasi. Sistem inilah yang juga digunakan pada Picasa.

Memang tidak ada jaminan sistem ini akan akurat 100% dalam mengenali wajah. Fitur ini bekerja pada kondisi terbaik saat posisi wajah menghadap ke kamera dan akan mengalami kesulitan jika tidak. Hal ini diakui oleh Manajer Produk Picasa Google, Mike Horowitz. Selain itu, menurutnya masih ada hal-hal lain seperti kondisi pencahayaan yang mungkin mengganggu proses pengenalan wajah.

Fitur-fitur Baru

Secara umum, software Picasa ini membawa beberapa perubahan baru, yaitu:
  • Movie maker mode: memungkinkan pengguna mengkombinasikan beberapa foto dengan musik untuk dijadikan video klip dan bisa ditonton pada PC atau diunggah ke YouTube.

  • Fitur retouch brush baru: memungkinkan orang untuk mengedit warna kulit dan titik-titik bermasalah lainnya. Selain itu, fitur ini juga bisa memperbaiki masalah red-eye secara otomatis.
  • College mode baru: memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan sejumlah foto menjadi satu kolase. Kali ini, pengguna memiliki kendali yang lebih baik terhadap peletakkan gambar, misalnya dengan menggerakkan, memutar, atau mengatur ukuran foto. Fitur ini juga bisa menghasilkan gambar beresolusi tinggi untuk cetak ukuran poster.
  • Photo viewer untuk melihat gambar dengan cepat: opsi pada saat instalasi akan menanyakan pengasosiasian file untuk JPEG, TIFF, gambar mentah dari digicam maupun beberapa format lainnya. Software ini bisa menampilkan gambar dengan file PNG, namun tidak bisa mengeditnya.
  • Sinkronisasi Online: foto yang telah diunggah dari Picasa ke situs, bisa diedit dan diganti setelahnya, termasuk tag, juga akan tersinkronisasi dengan situs.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails