Free Steam Games
Loading...

Informasi Mozilla Firefox 3.5 Beta 4

|

Setelah meluncurkan Firefox versi 3.0.10 kini dalam waktu yang hampir berdekatan pada hari Senin pihak Mozilla merilis versi terbaru dan kemungkinan adalah versi Beta terakhir dari Firefox 3.5. Lalu ke mana Firefox 3.1 yang sebelumnya sudah mencapai Beta 3? Versi ini masih kelanjutan pengembangan dari 3.1 , tapi karena melihat banyaknya perubahan yang dilakukan dibandingkan perkiraan sebelumnya pada browser tersebut akhirnya diputuskan penomoran lebih pantas dinaikkan menjadi 3.5 dan Beta 4.

Jika Anda rajin mengikuti perubahan dari Firefox versi Beta, Anda tidak akan menemui banyak perubahan pada rilis kali ini. Yang dihadirkan di browser Firefox di versi ini adalah peningkatan pada performa, kompatibilitas web, dan kecepatan. 

Ini beberapa daftar perubahan yang telah dilakukan:

  • Penambahan daftar font bawaan yang sekarang ini sedang populer digunakan oleh banyak pengembang web, jadi situs mereka dapat tampil sebagai mana yang diharapkan.
  • Firefox 3.5 mendukung audio dan video tag di HTML 5 dan mengemas format kompresi video Vorbis dan audio Theora, jadi jika pada situs terdapat file multimedia dengan dua format opensource tersebut, maka file dapat dimainkan tanpa perlu mengunduh plugin tambahan. 

    Firefox Theora Vorbis.png


  • Tracemonkey mesin javascript berbasis JIT yang meningkatkan performa browser Firefox 3.5 nantinya terutama dalam mengeksekusi aplikasi berbasisi web.
  • Menempatkan dan mengupdate web feed sekarang menjadi lebih cepat dengan peningkatan pada query dan proses pengecekan live bookmarks yang semakin pintar.
  • Link ke sumber eksternal seperti file Javascript atau CSS sekarang bisa langsung diklik ketika Anda melihat kode sumber situs di jendela Page Source (Ctrl+U). Jadi Anda bisa meliaht kode Javascript dan CSS dengan lebih mudah dan cepat. 

    Firefox Viewing Page Source.png


  • Teknologi JSON (Javascript Object Notation) yang ditanamkan ke dlaam browser untuk dapat melakukan pertukaran data antar server dan browser
  • Dukungan terhadap standar Web Workers supaya browser tetap dapat melakukan proses di belakang layar tanpa merubah tampilan dari aplikasi web.
  • Masalah privasi di browser Firefox 3.5 mendapat perhatian lebih dengan diperkenalkannya mode private browsing yang baru yang mana akan mengahpus semua jejak saat Anda menutup jendela browser atau saat mengakhiri sesi private. Opsi baru di kotak dialog Clear Private Data sekarang memungkinkan Anda untuk memilih agar browser secara otomatis menghapus jejak browsing Anda dalam jangka waktu tertentu. 

    Firefox Private Browsing.png


  • Jika terjadi crash (browser menutup tiba-tiba) sesudahnya Anda bisa memilih tab mana yang akan di-restore kembali untuk mencegah crash terulang lagi.
  • Sudah mendukung fitur multitouch di Mac OS X, jadi Anda bisa melakukan gerakan mencubit, mengusap dan gerakan lainnya dengan beberapa jari pada trackpad. Bisa Anda lihat daftar fungsinya di artikel sebelumnya - Add-on Firefox untuk Mendukung Multitouch di MacBook Baru
  • Bar tab sekarang akan terus terlihat secara default, tombol untuk membuka tab baru sudah dengan desain terbaru, fitur tab cloning(Ctrl + drag), tab detaching (memisahkan tab dari tab bar menjadi jendela baru), tab reattaching (drag & drop), dan semuanya itu membuat fungsi tab di browser semakin handal. 

    Firefox Privacy New Tab Button.png


  • Dukungan fitur geolocation sehingga beberapa layanan web dapat mengetahui lokasi Anda saat browsing dengan lebih tepat dan detil. Anda akan diberi pilihan untuk memberikan informasi mengenai lokasi Anda ke layanan web dengan tingkatan level akurasi yang berbeda-beda, sehingga Anda privasi masih bisa dikontrol.


  • Firefox Geolocation.png


Beberapa perubahan di Firefox 3.5 beta 4 yang terlihat, salah satunya penyederhanaan pada halaman menu Options di bagian tab Privacy

Firefox Privacy Settings 1.png


Seperti yang bisa Anda lihat, isi halaman menjadi lebih simpel dan bersih dimana pengaturan default-nya adalah Firefox akan mengingat semua jejak rekam browsing yang Anda lakukan. Selain itu Anda bisa mengatur supaya browser tidak mengingat jejak browsing (Private Mode) selamanya. Atau Anda bisa melakukan pengaturan sendiri secara lebih mendetail tentang informasi apa saja yang boleh diingat dan yang tidak, seperti passwords, downloads, menyimpan dalam hitungan hari dan lain-lain. 

Juga perlu dicatat sekarang Anda bisa mencegah informasi yang tidak Anda inginkan muncul di Location bar/ address bar, misal Anda tidak ingin daftar history muncul saat Anda mengetikkan sesuatu di sana atau tidak muncul daftar apapun, baik dari bookmark, history maupun tag. Suatu hal yang sangat berguna dan dulunya hanya bisa diatur melalui about:config

Firefox Privacy Settings 2.png


Bisa Anda bandingkan dengan halaman Privacy yang lama:

Firefox Privacy Settings Old.png


Jendela Clear Recent History yang bisa Anda akses melalui menu Tools kini menjadi lebih kecil ukurannya, tapi fungsinya bertambah dengan pilihan untuk menghapus jejak setelah beberapa jam dan bisa diatur apa saja yang harus dihapus.

Firefox Clear Recent History.png


Firefox 3.5 Beta 4 tersedia dalam 70 bahasa dan sudah bisa Anda unduh di sini:
http://www.mozilla.com/firefox/all-beta.htm

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails