Free Steam Games
Loading...

Open Source Mei 2008

|

Open Source Mei 2008
1.)cpu-z

Walau sudah basi, perkenankan Tips dan Trik Komputer untukmemposting tentang CPU-Z, siapa tahu berguna bagi yang lain.Freeware ini tidak perlu diinstall, Anda hanya perlu membuat foldertersendiri kemudian lakukan unzip(ekstrak) file zipnya dan arahkan di folder yang baru Anda buat tersebut. Setelah terekstrak Anda sudah dapat menjalankannya dengan mengklik file *.exe. Freeware yang berversi terakhir 1.442 ini tidak akan banyak menyita resources RAMcomputer kita juga tidak akan membuat penuh registry windows. Kemudian jika suatu saat ingin menghapusnya tinggal hapus saja folder yang telah kita buat tersebut. Mudah dan simple, kan. Sebelumnya, Anda perlu mendowload file zipnya yang berukuran 1.69 MB, di situsnya.

2.)Ultra Exploler

Freeware and Open Source akan mencoba menampilkan freeware alternative Browser atau Explorer File. Adalah UltraExplorer yang bisa digunakan sebagai alternativeWindows Explorer. Freeware yang berversi 1.5.0.3 ini menyediakan antarmuka (interface) yang dapat dikustomasi sesuai kebutuhan dan selera kita sendiri dan juga mempunyai fitur tambahan.

3.)AntiVirus

  • Avira Antivir personal Edition Merupakan free antivirus yang mempunyai kemampuan mendeteksi virus sangat bagus.
  • AVG Free Edition Di tahun 2007, AVG merupakan salah satu antivirus terbaik menurut saya. Saat ini pun masih cukup bagus. Setting lebih banyak dibanding Avira, tetapi sepertinya kemampuan mendeteksi virus masih dibawah Avira
4.)Compression

Apakah anda masih menggunankan Winzip atau Winrar dalam versi trial ? Jika iya, sebaiknya gunakan salah satu freeware berikut :

  • 7zip Memiliki tampilan yang sederhana, sehingga cukup cepat prosesnya. jika tidak biasa menggunakan format yang bermacam-macam, aplikasi ini sangat bagus.
  • IZarc Freeware ini mampu mendeteksi format yang lebih banyak dari 7zip, dan tampilan yang lebih mirip Winzip atau Winrar
  • Universal Extractor Mampu meng-ekstract hampir semua file arsip, termasuk installer program
5.)Office

  • OpenOffice Merupakan Open source aplikasi office yang terlengkap dan sebanding dengan Microsoft Office.
  • AbiWord Merupakan Word Processing yang sangat bagus. Jika hanya memerlukan pengolah kata, aplikasi ini patut dicoba
6.)PDF Reader

  • Adobe Acrobat Reader. Untuk membaca file PDF, Acrobat reader memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding freeware lainnya. Versi yang bagus antara kemampuan dan kecepatan adalah Acrobat Reader 7.09. karena versi 8, cukup lambat dibanding versi 7. Download yang lebih mudah diSINI
  • Foxit Reader Jika anda tidak suka dengan Acrobat Reader, maka Foxit Reader bisa menjadi alternatif. Selain cepat, kemampuannya juga cukup bagus.
  • SumatraPDF. Jika dua software diatas masih terlalu berat, maka gunakan SumatraPDF. Mungkin ini PDF Reader tercepat, tetapi tampilannya sederhana
7.)PDF Creator

8.)Audio Player dan Multimedia
  • VLC Media Player. Mampu memainkan berbagai format Audio, Video. Termasuk video flash (FLV)
  • Windows Media Player Classic, dalam K-Lite Mega Codec Pack Meski tampilannya sederhana, tetapi hampir mampu memainkan semua file audio dan video. saya lebih memilih ini dibanding VLC Media Player, meskipun sama-sama mampu memainkan format yang melimpah.
  • Winamp Mungkin sebagian besar pengguna komputer hampir tidak asing dengan Winamp. Kemampuannya memang bagus, tampilannya menarik, tetapi penggunaan Memori dan CPU masih relatif tinggi.
  • Audacity Memerlukan Free dan open source audio editing software, jika iya, Audacity merupakan software terbaik
9.)
Graphics (Image Viewer dan Editor)

Jika hanya untuk melihat-lihat /preview gambar standard windows seperti jpg, gif, bmp dan png, maka tools bawaan Windows “Picture and Fax Viewer” sudah mencukupi selain relatif cepat. Tetapi jika ingin software lebih baik, coba berikut ini :

  • Picassa Merupakan salah satu software dari google yang sangat bagus untuk mengorganisasi gambar. Indexnya cukup cepat dan tampilan yang bagus.
  • XNView Jika memerlukan Image view dengan dukungan format yang cukup banyak, aplikasi ini menyediakannya. Selain itu disertai juga dengan fasilitas editing.
  • IrvanView Meskipun tampilannya sederhana, tetapi kemampuan untuk membuka format gambar sangat banyak, mungkin paling lengkap dibanding lainnya
  • Gimp Image Editor ini sudah menjadi aplikasi standard di Linux. Tersedia juga untuk Windows. Mungkin sebagian pengguna yang terbiasa dengan Adobe Photoshop, akan kesulitan menggunakan Gimp, alternatifnya gunakan GimpShop (Gimp yang sudah dimodifikasi menunya seperti photoshop
  • Paint.NET Dibanding Gimp, graphic editor ini relatif lebih mudah dengan ukuran kurang dari 2 MB, hanya saja diperlukan Microsoft .NET Framework 2.0 untuk bisa menjalankan aplikasi ini.
10.)Browser

Internet Explorer merupakan browser bawaan Windows, tetapi karena banyaknya isu tentang security, sebaiknya menggunakan salah satu browser berikut :

11.)Download Tools

Jika ingin download file yang berukuran besar, sebaiknya menggunakan download manager, sehingga jika koneksi putus atau download terhenti, bisa dilanjutkan di lain waktu.

12.)Lain-lain

Software berikut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja windows, mendeteksi program asing/virus, kinerja CPU dan Memori, serta lainnya.

  • Autoruns. Jika ingin mengetahui program apa yang berjalan ketika windows start secara lengkap dan mempercepat kinerja komputer, gunakan tools ini.
  • Process Explorer Ingin tahu program atau aplikasi apa saja yang berjalan di windows, termasuk virus ? Gunakan software ini. Mirip Task Manager, tetapi dengan kemampuan yangjauh lebih banyak.
  • Registrar Lite Kadang kita ingin mengedit Registry, tetapi karena virus, fasilitas RegEdit tidak bisa dijalankan. Salah satu alternatif, gunakan Registrar Lite
  • WinDirStat Untuk mengetahui statistik penggunaan Space hardisk, sampai detail ukuran tiap folder, gunakan freeware ini.






0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails